Bulan Keempat Kehamilan: Bekerja bukan Halangan Bunda - RSI Cahaya Giri
  • Bulan Keempat Kehamilan: Bekerja bukan Halangan Bunda

    Halo Ayah Bunda, selamat datang di bulan April ! :)
    +RSI Cahaya Giri  kembali akan mempublikasikan panduan kehamilan yang memasuki bulan kempat yaa
    Jangan lupa bagi yang belum membaca atau sedang membutuhkan panduan bulan kehamilan sebelumnya bisa langsung menuju link 9 bulan yang menakjubkan ya

    rsi-cahayagiri.net
    ilustrasi rsi cahaya giri gresik 0317915321
    ^ Bahagianya! Kehamilan memasuki trimester kedua, trimester yang paling menyenangkan. Rasa takut akan keguguran mulai hilang, morning sickness mulai hilang dan nafsu makan bunda semakin kuat, nyaman dan ... happy. Pemeriksaan kehamilan masih dilakukan minimal sekali dalam sebulan kecuali dalam keadaan khusus. - Beberapa hal yang perlu diperhatikan di bulan ini:
    - Kenaikan berat badan akan dipantau,
    - Volume dan tekanan darah akan meningkat jadi jaga kondisi tubuh Anda,
    - Keguguran masih  mungkin terjadi; gejalanya keluar bercak darah berulang kali disertai nyeri perut atau pinggang,
    - Perubahan tubuh makin mencolok khususnya kulit seperti leher kehitamanm sekitar puting susu lebih gelap, di kulit perut tampak garis gelap yang memanjang dari pusar sampai kelamin (linea nigra) yang akan hilang setelah bersalin.
    rsi-cahayagiri.net
    "Bunda takjub ketika merasakan janinnya mulai bergerak"
    Pada kehamilan pertama, gerakan janin baru terasa di minggu ke 18 hingga ke 22.

    ^ 12 Tip Ibu Bekerja, Bekerja itu sehat lahiur batin, tapi jangan sampai membahayakan kehamilan dan janin
    1. Informasikan jenis pekerjaan ke dokter untuk mendapatkan saran terbaik sesuai kondisi kehamilan
    2. Tidak bekerja bila berat badan Anda malah berkurang. Harus menaikkan berat bedan dengan mengalokasikan asupan kalori untuk pertambahan berat badan.
    3. Ajukan permohonan mutasi atau pindah bagian jika pekerjaan Anda dapat membahayakan kandungan seperti angkat angkut barang, shift malam, terpapar radiasi sinar x, zat kimia berbahaya, berada di ketinggian di atas 2500 meter. 
    4. Pasang alarm di kantor untuk mengingatkan makan, minum, stretching, istirahat, pulang atau ke dokter.
    5. Bawa bekal makan siang untuk menjamin kesehatan dan kebersihan makanan
    6. Bila bekerja di depan komputer sering seringlah memindahkan pandangan agar tidak pusing dan lelah
    7. Jangan membawa pulang pekerjaan, selesaikan tugas di kantor berdasarkan skala prioritas
    8. Manfaatkan teknologi komunikasi untuk mengurangi mobilitas ke luar
    9. Cegah cedera dan kecelakaan (jatuh, terpeleset, terkilir) dengan bergerak pelan, memakai sepatu berhak rendah, berpegangan pada teralis saat naik turun tangga, minta tolong orang lain.
    10. Batasi lembur, pastikan pekerjaan lembur ringan
    11. Dengarkan tubuh Anda, perlambat kerja bila mulai letih
    12. Banyak istirahat di rumah
      *jika harus resign, konsultasikan dengan dokter kandungan Anda dan minta surat rekomendasinya bila memang disarankan untuk resign. Diskusikan dengan pimpinan perusahaan untuk mencari solusi terbaik.
    ^  Posisi Tubuh Aman dan Nyaman
    • Posisi Duduk: ketinggian kursi harus cukup (cek dengan letakkan pensil di paha jika menggelinding ke depan berarti kursi terlalu tinggi, jika menggelinding ke belakang berarti kursi terlalu rendah). Bila perlu pakai bantal pengganjal punggung untuk mencegah nyeri. Duduk tegak tapi nyaman, telapak kaki menapak ke lantai. 
    • Posisi Bangun dari Duduk: Pusatkan pikiran ke bagian atas tubuh, bayangkan tubuh ditarik ke atas dengan benang diikat kepala. Pijakkan kaki ke lantai dengan mantap. Majukan badan ke depan, jika perlu dengan tangan. 
    • Posisi Berdiri: Berdiri tegak, perut jangan menarik punggung ke depan dan bahu tertarik ke belakang sehingga membentuk lengkungan. Bila berdiri lama, angkat satu kaki dan letakkan di kursi kecil agar tidak cepat lelah dan menghindari tegangan di dasar punggung, lakukan bergantian dengan kaki lain.
    • Posisi Mengangkat Barang: berjongkoklah ketika mengambil sesuatu di lantai. ketika berdiri, pertahankan agar punggung tetap tegak. Hati-hati mengangkat barang agak berat. bawa dengan dipeluk bukan dijinjing satu tangan. lebih baik menggunkan tas ransel daripada lengan tangan.
    ^ Si Penganggu, morning sickness pergi, gangguan lain datang menghampiri
    1. Perut Gatal (Gatal di kulit perut)
      penyebab: peregangan kulit, sehingga kulit kering dan gatal terutama saat berkeringat. (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy) gatal di perut menyebar ke kaki, tangan, dada dan leher.
      atasi dengan: mendinginkan daerah gatal dengan mengenakan pakaian dari bahan katun atau mandi air dingin. Gunkan pelembab tanpa pewangi, minyak zaitun atau baby oil untuk mengatasi kulit kering dan tidak menggaruk pada bagian yang gatal.
      waspada bila: mengalami Obstetric cholestasis yakni gangguan organ hati dan produksi bilirubin (sel darah merah tua yang dihancurkan di hati). Cairan empedu yang bocor dan masuk ke aliran darah bisa menyebabkan gatal-gatal. biasanya terasa parah di tangan dan kaki pada malam hari disertai mual, rasa lelah, nafsu makan menurun, urin gelap dan mata serta kulit menguning. bila tidak segera diatasi bisa menyebabkan kelahiran prematur atau janin dalam bahaya (fetal distress).
    2. Sakit Kepala atau Pusing (Kepala berdenyut, segalanya tampak berputar tak karuan)
      penyebab: turunnya tekanan darah akibat perubahan hormon pregosteron yang membuat pembuluh darah mengembang. ketidakstabilan sistem kardiovaskular (sirkulasi darah) dari dan ke jantung. Kadar gula darah rendah, makan tidak teratur,  kurang tidur, dehidrasi, tegang/stress.
      atasi dengan: relaksasi atau tidur, cukup dengan asupan karbohidrat agar gula darah tidak rendah (hipoglikemia), memperbaiki sirkulai udara di rumah atau tempat kerja
      waspada bila: rasa sakit tidak tertahankan, sakit kepala disertai demam atau leher kaki bisa merupakan gejala radang selaput otak, sakit kepala terjadi di dahi disertai tekanan darah tinggi, pandangan kabur, kaki bengkak atau kenaikan berat badan berlebihan bisa merupakan tanda pre-eklampsia (komplikasi kehamilan)
    3. Pelupa (Gangguan mengingat, hasil penelitian saat hamil memang terjadi penurunan memori ibu)
      penyebab: perubahan hormon yaitu hormon oksitosi yang mempunyai efek amnesia dan tingginya hormon progesteron yang mempengaruhi daya ingat. Kecemasan, kurang zat besik
      atasi dengan: lebih relaks bila penyebabnya kecemasan dan lelah, perbanyak makan daging merah dan sayuran hijau bila kurang zat besi, cata semua yang penting di gadget agar tidak merepotkan
    ^ Hubungan Seksual di Trimester Kedua , "badai" telah berlalu, bercinta lebih menyenangkan.
    Gairah tumbuh kembali. Anda lebih mudah mengalami orgasme, bahkan ganda. Saran berhubungan seks:
    Tetap hati-hati, pakai kondom atau ejakulasi di luar. Meski semangat tinggi jangan menggunkan gaya yang membahayakan, lebih baik woman on top untuk menghindari tekanan ke payudara dan perut.
    *Jika muncul gangguan kehamilan, seperti kelainan letak plasenta, gangguan jantung yang berat lebih baik berhubungannya dibatasi.

    ^ Makan di luar, jangan sampai gizi Anda kekurangan. Kurangi makanan cepat saji, makanan kaya lemak, alkohol, kaya kolesterol, ikan mentah. Perbanyak makanan matang, sayur-sayuran, buah segar, jus buah, makanan yang bergizi.

    ^ Belanja Baju Hamil, teman: bahan katun. lawan: bra berkawat
    Pilihlah baju dan pakaian yang menyerap keringat seperti katun dan ukuran sesuai. jangan gunakan bra berkawat karena dikhawatirkan menganggu saluran penghasil ASI. lagipula bra yang ban lebih besar lebih nyaman.

    ^ Pendarahan di Trimester Kedua. 30% ibu hamil mengalami, 80% selamat, 3% berakhir dengan keguguran
    Belum ditemukan cara mencegah pendarahan, upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari risiko adalah bed rest dan menghindari hubungan seksual bila bercak-bercak terjadi.

    ^ Janin Anda, tumbuh... dan tumbuh terus, Beginilah si kecil di minggu ke
    • 13 Di akhir trimester ini plasenta berkembang menyediakan oksigen, nutrisi dan pembuangan sampah dari tubuh janin. kelopak mata janin mulai merapat. kepala membesar lebih cepat dari yang lain dan bisa memutar. badannya membesar mengikuti kepala. wajahnya mulai bereaksi seperti mengerutkan dahi dan bibir yang buka tutup
    • 14 Panjangnya 80-110 mm berat 25 gram. Leher samakin panjang dan kuat. Rambut halus di seluruh tubuh yang melindungi kulit tumbuh. kelenjar prostat bayi laki berkembang. ovarium bayi perempuan turun dari perut ke panggul. tangan dan kaki sudah lengkap.
    • 15 Jaringan atau lapisan lemak mulai tumbuh. sistem peredaran darah makin sempruna dengan jantung di pusatnya. Janin bisa menelan air ketuban dan mengeluarkan air seni
    • 16 Janin telah terbentuk sepenuhnya. Panjang tungkai kaki dan lengan mulai seimbang. posisi daun telingan sempurna, muncul garis-garis halus di jari tangan, kaki cikal bakal sidik jari. memproduksi antiobodi untuk menangkal kuman.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

wa