Bulan Kelima Kehamilan: Ayo Jaga Kesehatan - RSI Cahaya Giri
  • Bulan Kelima Kehamilan: Ayo Jaga Kesehatan

    Assalamu'alaikum Bunda dan Ayahanda, semoga selalu sehat dan bahagia yaa..
    RSI Cahaya Giri kembali berbagi terkait panduan kehamilan. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua ya.. Bila ingin membaca panduan bulan sebelumnya bisa mampir ke link ini

    Bulan kelima kehamilan pasca Bunda melewati masa kritis, harus tetap jaga kesehatan ya.
    Selanjutnya silahkan disimak informasi berikut ya ayah bunda
    • Tetap Konsisten Periksa
    Jadwal periksa kandungan tidak boleh dilewatkan hanya karena Anda merasa baik-baik saja. Pemeriksaan bulan ini adalah fisik, terutama tekanan darah dan berat badan plus kemungkinan Anda disarankan untuk tes hepatitis B. Pada bulan ini fisik Anda tidak banyak berubah hanya berat badan yang bertambah karena nafsu makan meningkat. Bertambahnya bb membuat beberapa otot tubuh seperti perut, pinggang, paha dan kaki menerima tambahan beban lebih dari bagian tubuh lainnya, ketika ada keluhan sakit segera konsultasikan ke dokter Anda.
    • Sakit Pulih, Hamil Aman
    Beberapa penyakit yang diulas dengan penyebab, pengaruhnya terhadap kehamilan, disertai dengan rekomendasi tindakan yang harus dilakukan oleh ibu hamil.
    - Batuk, penyebab: refleks tubuh mengusir zat asing yang ada di tenggorokan
    pengaruh: keluar air seni atau feses spontan, mencetus pendarahan dengan riwayat perdarahan, sesak nafas dan sakit perut bagian bawah
    tindakan: minum banyak air putih, hindari penyebab alergi, minum obat antibiotik
    - Migrain, penyebab dan gejala: nyeri tajam dan berdenyut di salah satu sisi kepala, disertai mual, muntah, lemah, tidak nafsu makan. Disebabkan perubahan cuaca, tekanan udara, hormon tubuh, bahan kimia berbau dan asap rokok.
    pengaruh: muncul pertama kali saat trimester pertama, tidak mempengaruhi tumbuh kembang janin, ibu hamil yang sering terkena migrain beresiko 19x terkena stroke, 5x penyakit jantung dan 2x preeclampsia.
    - Flu, penyebab: infeksi saluran pernafasan oleh virus, gejala utama: demam, sakit kepala, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorakan.
    pengaruh: resiko komplikasi, pneumonia (radang paru-paru)
    tindakan: banyak istirahat, konsumsi makanan bergizi seimbang dan banyak minum
    - Alergi, penyebab: muncul saat tubuh terpapar allergen, gejala bersin, hidung berair, hidung tersumbat, pembekakan wajah, gatal
    pengaruh: meski tidak mengancam janin, tapi membuat Anda menderita
    tindakan: hindari allergen
    - Sinusitis, penyebab: radang di sinus paranasalis atau rongga di tulang tengkorang di bagian wajah, gejala: sakit kepala saat bangun pagi, demam letih lesu, batuk di malam hari, hidung berair atau tersumbat
    pengaruh: sinusitis berat bisa fatal untuk ibu hamil
    tindakan: obat dekongestan untuk mengurangi penyumbatan, antibiotic untuk infeksi bakteri, pereda nyeri, obat semprot hidung
    - Keputihan, penyebab: keluarnya cairan dari vagina putih hingga kekuningan, kental atau bergumpal dalam jumlah banyak sehingga harusmemakai pembalut
    pengaruh: jika berkelanjutan menyebabkan keguguran
    tindakan: oleskan krim yang diresepkan dokter yang dimasukkan vagina, jaga kebersihan dan kekeringan vagina, sering ganti celana dalam
    - Cacar Air, penyebab: muncul benjolan kecil berisi air diawali gejala lesu demam dan tidak nafsu makan
    pengaruh: bila dialami di usia kurang 20 minggu janin terancam gugur atau lahir prematur tapi normal atau bayi lahir dengan kelainan; bila dialami lebih dari 20 minggu janin aman karena ada antibody ibu; bila menjelang persalinan bayi bisa mengalami cacar air hebat yang mengancam jiwanya karena dalam 48 jam harus diimunisai VZIG
    tindakan: minum cukup jika demam tinggi, jika perlu obat dari dokter
    - Maag, penyebab: radang lambung akibat asam lambung, gejala: perih atau sakit seperti terbakar di perut bagian atas, mual, muntah, tidak nafsu makan
    pengaruh: tidak banyak, karena daya tahan terhadap lambung meningkat saat hamil
    tindakan: minum obat sesuai dokter, hindari makanan yang menyebabkan sekresi lambung seperti kopi the
    - Demam Berdarah Dengue, penyebab: dimulai dengan demam, sakit kepala, nyeri saat menelan, batuk mual muntah, nyeri perut. Dikarenakan virus dengue oleh nyamuk aedes aegypti.
    Pengaruh: perdarahan spontan pada kondisi shock dan demam bisa membuat kematian pada ibu.
    Tindakan: segera ke dokter
    - Radang Tenggorokan, penyebab: gangguan pada tenggorokan, gejala tenggorokan terasa panas dan kering menyebabkan suara serak.
    Pengaruh: Terganggunya aktivitas ibu.
    Tindakan: Cukup istirahat banyak minum air, hindari es dan makanan berminyak, jika karena bakteri perlu antibiotic dari dokter.
    • Jaga Kesehatan Mulut
    7 Gangguan gigi dan mulut yang merepotkan ibu hamil seperti gigi sensitive, gusi bengkak berdarah, tumbuh gigi bungsu, sariawan, kanker mulut, bau mulut (halitosis),dan rahang bergeser (dislokasi) segera kunjungi Pedodontis alias dokter spesialis gigi anak dan ibu hamil karena perubahan hormone selagi hamil mempengaruh kesehatan gigi dan mulut dan perlu ditangani. Juga bisa mendapatkan asupan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan gigi janin.
    • Bila harus Bedrest
    Menjalani bedrest mestinya tidak perlu stress karena berbagai hal seru bisa dilakukan ditempat tidur. Tujuan utama bedrest adalah beristirahat agar kondisi tubuh ibu bisa optimal bagi pertumbuhan janin. Ada dua kategori yang mengharuskan ibu untuk bedrest:
    - Lampu Merah
    Istirahat total di tempat tidur merupakan harga mati. Patuhi perintah dokter agar proses pemulihan kesehatan sempurna: Tumbuh janin terhambat, riwayat persalinan premature, masalah seputar mulut Rahim, kontraksi sebelum waktunya, perdarahan, ketuban pecah.
    - Lampu Kuning
    Umumnya masih bisa mendapatkan “keringanan” dari dokter berupa izin melakukan aktivitas ringan: morning sickness berat, menderita penyakit infeksi, tekanan darah tinggi (preeclampsia) ringan, kasus kehamilan ganda
    berenang banyak manfaatnya, yuk renang
    •  Mencebur ke Kolam Banyak Khasiatnya
    Ayo berenang karena banyak manfaatnya untuk ibu hamil lho: Menguatkan Jantung, Melancarkan peredaran darah, menguatkan otot, membangun daya tahan tubuh, membantu relaksasi, membuat tidur lebih nyenyak, menguatkan ingatan, menyegarkan tubuh.
    Gaya yang direkomendasikan gaya dada, gaya bebas, gaya punggung dan hindari gaya kupu.
    Sebelum mencebur perhatikan: konsultasikan ke dokter kandungan, berenang sebelum jam 9 pagi atau sesudah jam 4 sore, makan minimal 1 jam sebelum, lakukan pemanasan, jangan loncat, tidak terburu-buru, berenang di kolam renang jangan di laut, jika tidak bisa jalan-jalan di air atau melakukan gerakan kaki mengayuh juga baik.
    • ASI Saja Lebih Bermanfaat
    Kuatkan niat sejak dini untuk menyusui si kecil karena ASI bermanfaat dari aspek gizi, imunologi, psikologi, kecerdasan, neurologi, ekonomi dan KB.
    - Gizi: kolostrum dari ASI mengandung zat kekebalan yang melindungi bayi, kolostrum mengandung protein, vitamin A tinggi, karbohidrat dan lemak rendah, kolostrum juga membantu mengeluarkan meconium (kotoran bayi pertama), komposisi ASI mudah dicerna, Taurin (sejenis asam amino) nomor dua terbanyak di ASI, fungsinya sebagai neurotransmitter untuk proses pematangan sel otak, sangat berguna untuk pertumbuhan kecerdasan anak.
    - Imunologi: mengandung zat anti infeksi, bersih kontaminasi, dapat melumpuhkan bakteri dan virus di saluran pencernaan, juga laktoferin yang merupakan zat kekebalan.
    - Psikologi: rasa percaya diri dan kasih sayang Anda terbit saat menyusui, meningkatkan hormone oksitosi yang meningkatkan produksi ASI, dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan psikologis bayi, bayi merasa aman dan puas.
    - Kecerdasan: ASI dibutuhkan untuk perkembangan system saraf otak guna mengingkatkan kecerdasan.
    - Neurologi: saat mengisap payudara, koordinasi saraf menelan, mengisap dan bernafas pada bayi baru lahir dapat lebih sempurna.
    - Ekonomi: Anda tidak perlu membeli makanan bayi setidaknya sampai 6 bulan
    - KB: Menunda haid dan kehamilan sehingga dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi alamiah, yaitu metode Amenorea Laktasi syaratnya Anda harus menyusui secara penuh (minimal 12 kali sehari, jeda menyusui di siang hari 4 jam dan malam 6 jam), Tidak menstruasi, kurang dari 6 bulan pasca melahirkan.
    •  Janin Anda di bulan Kelima
    Minggu 17: plasenta sudah lengkap dan berfungsi sempurna, yaitu memberi makanan dan oksigen ke janin. Pendengaran janin berkembang baik inilah saatnya stimulasi music atau mengajak bicara.
    Minggu 18: Sel saraf penginderaan (rasa, lihat, dengar, cium dan raba) berkembang sempurna, perkembangan otak meningkat, janin bisa merasakan yang Anda rasa seperti sedih, senang.
    Minggu 19: Beratnya bertambah jadi 300 gram, system saraf makin sempurna
    Minggu 20: Organ hati sudah berfungsi, janin sudah bisa memproses bilirubin dan mengeluarkannya, kelopak mata dan alis hamper sempurna, sudah ada refleks berkedip meskipun mata lebih sering menutup, rambut mulai tumbuh.
    berikan bacaan Al-Quran atau musik klasik tuk si kecil

  • You might also like