Bulan Keenam Kehamilan: Bunda harus Tetap Cantik dan Terawat - RSI Cahaya Giri
  • Bulan Keenam Kehamilan: Bunda harus Tetap Cantik dan Terawat

    Periksa ke Dokter
    Calon bunda mungkin merasa baik-baik saja, tapi jangan sampai melewatkan jadwal kontrol ya! Sebagian bunda sudah sangat menonjol perutnya di bulan ini, sementara lainnya masih hamil muda. Perbedaan itu dipengaruhi oleh bentuk tubuh, berat badan, kekuatan otot-otot dinding perut, ukuran janin dan jumlah janin, jadi tenanglah Bunda :)

    Ujung Rambut ke Ujung Kaki
    Trik Kosmetik untuk Calon Bunda
    1. Waspada Bahan Kimia di kosmetika karena bisa membahayan kehamilan dan janin. Misalnya steroid dan merkuri di krim pemutih yang dapat meningkatkan risiko berat plasenta rendah dan mencetus kanker.
    2. Pilih kosmetik berbahan dasar air atau alami yang terbukti lebih aman.
    3. Konsultasikan kosmetik perawatan maupun dekoratif ke dokter kandungan Anda atau dokter kulit Anda dan gunakan yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan RI

    Gangguan Kulit
    Terjadi akibat faktor fisiologis kehamilan. Tingkat keparahannya dipengaruhi oleh jenis kulit, faktor hormonal dan bakat ibu hamil. 3 Golongan Masalah Kulit selagi hamil adalah masalah akibat faktor hormonal antara lain jerawat, perubahan warna kulit dan jaringan sekitar kulit; kedua masalah yang sudah ada sejak sebelum hamil misalnya jamur dan eksim; dan ketiga adalah masalah yang baru terjadi saat hamil di antaranya munculnya stretchmark dan linea negra (garis kehamilan)
    1. Jerawat
    Penyebabnya produksi minyak tubuh berlebih akibat hormon androgen selama hamil meningkat. Kelebihan minyak bereaksi dengan kotoran dan bakteri. Lakukan pembersihan kulit dengan baik, mandi 2 kali sehari bersihkan wajah 3 kali sehari dan konsumi makanan bergizi seimbang. Hindari meraba dan memencet serta memakai obat jerawat sembarangan. Samarkan jerawat dengan concealer (alas bedak) dan kenakan rias tipis.
    2. Topeng Kehamilan dan pigmentasi
    Penyebabnya rangsangan melanocyte stimulating hormone yang kelewat aktif dari kelenjar endokrin di otak dan bisa semakin parah bila terpapar sinar matahari. Pigmentasi terjadi akibat meningkatnya hormon estrogen. Gunakan topi atau paying bila panas, pakai tabir surya. Samarkan dengan concealer.
    3. Stretchmarks
    Penyebab pertambahan berat badan dan membesarnya janin. Meningkatnya hormone kehamilan yang membuat kulit lebih tipis. Jaga kelembapan kulit perut serta bagian lainnya yang mengering dengan olesan pelembab. Oles krim anti-stretchmarks sejak awal dan konsultasikan dengan dokter. Kenakan baju longgar dari bahan yang menyerap keringat. Hindari kenaikan berat badan berlebihan dan menggaruk perut saat gatal.
    4. Varises dan spider veins (jaring laba-laba)
    Penyebab tidak normalnya peradaran darah dan melemahnya dinding pembuluh vena. Peningkatan hormon estrogen. Jaga kenaikan berat badan, sering ubah posisi tubuh saat beraktivitas.
    5. Skin Tags
    Penyebab perubahan hormon-hormon, tidak perlu diatasi dengan diutak-atik karena bisa berdarah dan terinfeksi. Umumnya hilang setelah melahirkan.

    Ini Boleh, itu Jangan
    Zat kimia yang dioles di kulit akan diserap dan masuk ke aliran darah ibu sehingga bisa sampai ke janin. Berikut perawatan kecantikan yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan. Boleh melakukan Facial, Akupuntur kecantikan, Menikur pedikur nail art, mengecat rambut dengan henna, lulur masker scrubbing dan creambath serta hair mask. Tidak boleh melakukan mesoterapi, botoks, facelift, laser dan dermabrasi, mengeriting dan meluruskan rambuh, mewarnai rambut dan smoothing, waxing, tato permanen dan piercing, kawat gigi dan pemutihan gigi.

    hamil tetap cantik *source google

    3 Cara Bersalin
    1. Persalinan normal lewat vagina
    Bayi lahir didahului dengan keluarnya bagian belakang kepala atau bokong tanpa bantuan alat, spontan dalam waktu 24 jam pasca pembukaan pertama. Dilakukan bila kehamilan normal dan dinyatakan sehat oleh dokter, terjadi kontraksi (rasa mulas disertai nyeri pinggang sampai ke perut bawah awalnya 10 menit sekali kian lama kian kuat dan disertai sensasi ingin keluar dari vagina, proses pembukaan mengalami kemajuan dan bayi keluar berkat ibu mengejan.
    2. Persalinan lewat vagina dengan bantuan
    Persalinan lewat vagina yang dibantu ekstraksi (penarikan) bisa dengan forsep (alat berbentuk dua bilah daun untuk menarik) atau vakum dan dilakukan ketika janin berada di dasar panggul. Dilakukan bila kehamilan normal tetapi bayi tidak bisa keluar dan ibu tidak kuat lagi untuk mengejan, terjadi asma atau tekanan darah tinggi maupun keadaan gawat janin seperti tali pusat melilit. Dibantu untuk menghindari hipoksia alias kekurangan oksigen pada bayi.
    3. Persalinan lewat perut (operasi Caesar)
    Bayi dikeluarkan melalui operaso yang membuka dinding perut dan dinding Rahim ibu. Harus dilakukan atas indikasi medis kuat dengan alasan kuat sebab risiko besar. Dilakukan bila ada indikasi yang mengancam jiwa ibu dan janin misalkan plasenta previa (ari-ari menutup jalan lahir), punggul ibu sempit dari kepala bayi atau posisi bayi melintang, kelainan jantung, persalinan macet, perdarahan banyak saat persalinan, infeksi di dalam rahim, dinding rahim menipis akibat operasi sebelumnya, tumor di rahim atau di indung telur yang menghalangi jalan lahir; ada indikasi yang mengancam janin meski tidak mengancam ibu misalnya bayi sungsang atau terlalu kecil untuk dilahirkan lewat vagina karena bisa mengakibatkan terlalu lama di jalan lahir, kembar tiga atau lebih, kembar siam, janin menderita hidrosefalus ( cairan berlebihan di otak janin yang menyebabkan pembesaran kepala).

    8 Alasan Salah Bedah Caesar
    1. Takut Sakit
    Tidak sesakit yang dibayangkan karena dibius. Faktanya rasa sakit persalinan normal saat kontraksi dan vagina meregang sedang saat Caesar dimulai sejak ibu disuntik epidural di ruas tulang belakang. Saat efek bius terasa, pembedahan baru dilakukan.
    2. Ingin Vagina Utuh
    Ada anggapan persalinan normal vagina dilewati bayi sehingga rusak dan otot bagian dalam longgar, sementara pada persalinan Caesar vagina utuh karena tidak dilewati bayi. Faktanya vagina itu elastis dan dapat meregang seukuran kepala bayi. Jika peregangannya kurang untuk menghindari robekan dokter akan mengunting perineum (daerah antara vagina dan anus) sehingga robekan terkendali dan sesudahnya dijahit rapi. Dan setelah persalinan elastisitas otot vagina bisa kembali normal.
    3. Memilih hari Baik
    Pada persalinan normal hari lahir bayi tidak bisa diprediksi dengan tepat, sebaliknya operasi Caesar bisa diatur. Faktanya peruntungan bayi tidak dipengaruhi hari kelahiran. Persalinan normal memberi keuntungan bayi untuk menelan bakteri bermanfaat dari vagina dan usus ibu yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi.
    4. Hamil Kembar
    Banyak orang menganggap tidak mungkin bayi kembar lewat persalinan normal harus Caesar. Faktanya persalinan bayi kembar juga bisa normal jika jumlah hanya dua, letaknya memanjang dengan posisi kepala di bawah dan kandungan sehat. Persalinan Caesar dibutuhkan jika letak saling mengunci (interlocking) misalkan satunya bokong dulu dan lainnya kepala dulu maupun gawat janin lainnya.
    5. Lebih bergengsi
    Persalinan normal dianggap kuno sedangkan Caesar dianggap lebih canggih. Faktanya bahwa persalinan Caesar memiliki banyak efek samping dan risiko yang tinggi.
    6. Mencegah trauma bayi
    Menurut Anda pada persalinan normal bayi akan mengalami trauma akibat terjepit sedangkan Caesar tidak. Faktanya persalinan normal tidak mengakibatkan bayi trauma karena kepala sedang proses pembentukan. Pada persalinan normal yang sulit kadang terjadi penggumpulan cairan di bawah kulit kepala sehingga terlihat seperti membengkak (Caput Succadaneum) namun akan hilang dalam beberapa hari.
    7. Lewat Tanggal
    Jika tak kunjung melahirkan setelah lewat tanggal perkiraan Anda menganggap persalinan normal membahayakan janin. Faktanya persalinan terjadi pada usia kehamilan 40 minggu dengan tolerasi kurang lebih 2 minggu jadi antara 38-42 minggu selama kehamilan tidak bermasalah bisa ditunggu. Jika lewat 2 minggu belum juga ada tanda persalinan dilakukan induksi (stimulasi dimulainya persalinan untuk memudahkan keluarnya bayi) bila kondisi bayi tidak baik maka Caesar harus dilakukan.
    8. Ditawari Dokter
    Sebetulnya Anda bisa bersalin secara normal, tetapi dokter menawari Anda untuk Caesar. Faktanya bersalin secara Caesar bukan sebuah pilihan sengaja atau eksperimen melainkan keputusan berdasarkan indikasi medis, pertimbangan tepat dan didukung data objektif.

    Gangguan Tidur
    Supaya tidur nyenyak
    1. Cukupi kebutuhan gizi Anda selama hamil, hindari minuman berkafein di sore hari.
    2. Lakukan latihan relaksasi atau peregangan ringan sebelum tidur.
    3. Atur pencahayaan yang pas.
    4. Tidur siang dan malam teratur.
    5. Tambahkan beberapa bantal atau guling untuk menopang bagian tubuh tertentu.
    6. Jika ada masalah tidur konsultasikan dengan dokter, jangan minum obat sembarangan.
    7. Ritual tenang misalnya mandi air hangat, mendengarkan musik, membaca alquran, atau berdoa.

    Puasa Saat Hamil
    Dari beberapa pasien sebelumnya: “puasa bukan dikeluhkan, melainkan dinikmati. Bulan puasa lalu selagi hamil 6 bulan saya berpuasa di bawah pengawasan dokter. Saat sahur dan buka, menu diperhatikan benar. Bila tidak lelah saya tarawih di masjid, bila lelah di rumah. Dan Alhamdulillah saya bisa berpuasa penuh dan janin sehat.”
    1. Konsultasikan rencana puasa Anda ke dokter kandungan.
    2. Tidak ada larangan berpuasa bagi ibu hamil.
    3. Puasa lebih mudah dilakukan saat Anda sudah tidak lagi mual dan muntah, karena muntah dapat membatalkan puasa. Biasanya setelah kehamilan memasuki usia 16-18 bulan.
    4. Kondisi yang baik untuk berpuasa Anda harus sehat, kadar hemoglobin darah harus normal.
    5. Selama berpuasa jangan takut kekurangan energi, selain bisa didapat dari makanan sahur, justru aktivitas puasa saat tepat untuk memobilisasi cadangan energi agar tidak tertimbun menjadi beban tubuh.
    6. Dan jangan paksakan puasa jika lemas berlebihan, mengantuk dan pusing.
    Mari atur pola makan yang benar saat berpuasa, agar tidak ada halangan yang muncul ya bunda.
    1. Makan sahur seakhir mungkin dekat dengan imsak (juga menjalankan sunnah Rosul lho). Konsumsi protein dan lemak dalam jumlah cukup karena keduanya tahan lebih lama di pencernaan sehingga memperlambat lapar di siang hari. Jangan mengonsumi makanan manis agar tubuh tidak lemas.
    2. Saat berbuka mulailah dengan makanan hangat dan manis. Hindari makanan dingin sebab menurunkan kerja lambung. Maksimalkan kerja lambung dengan makan karbohidrat yang tepat misalkan kolak, kurma dan teh manis.
    3. Setelah shalat maghrib makan dengan porsi lebih banyak tapi jangan berlebihan.
    4. Sehabis sholat tarawih usahakan makan lagi walau sedikit
    5. Kebutuhan air 8-10 gelas sehati dapat dibagi menjadi 3 gelas saat sahur 5-7 gelas saat berbuka hingg tidur. Usahakan minum susu saat sahur dan berbuka
    6. Tetap minum vitamin dan suplemen yang diresepkan dokter.

    Janin Anda
    Minggu 21: laju pertumbuhan menurun, organ tubuh sudah terbentuk hanya tinggal pematangan. Organ pankreas sudah berfungsi sebagai penyedia lemak untuk jaringan janin dan produksi insulin. System pernafasan masih belum berfungsi. Mata terbentuk tapi iris mata masih kurang pigmen. Di gusinya terlihat bakal gigi susu.
    Minggu 22: semakin lama wajahnya semakin gemuk dan organ wajah terlihat jelas. Ukuran kepala masih lebih besar dari tubuh. Mulai membentuk lemak penutup kulit tubuh dari cairan ketuban. Kantung udara di paru-paru mulai membentuk sebagai bekal setelah lahir.
    Minggu 23: berat 700 gram dan penampilan seperti bayi. Teru berlatih refleks mengenggam. Saraf di mulut dan bibir makin sensitive, janin sering terlihat mengisap jari ketika tangannya mendekati mulut menandakan indra pengecapnya sudah berfungsi
    Minggu 24: jumlah cairan ketuban mencapai 400 ml semakin siap melindungi janin. Tulang belakang janin makin kuat. Kuku jari tangan dan kaki muncul. Janin sudah gesit merespon suara dengan bergerak.

    24 minggu janin *source google

    Gerak-gerik Janin
    Tangan dan kakinya bebas “bersenam”. Tendang kiri, sikut kanan, SERU!
    Mengulet: janin bisa juga melakukannya! Gerakan meregangkan otot tubuh setelah pegal tidur.
    Olahraga Tu, Wa, Ga: Luruskan kaki kanan ke depan lalu kaki kiri. Luruskan tangan kanan ke depan ganti kanan kiri itulah olahraga janin.
    Mengisap jempol: biasanya jempol masuk ke mulut janin saat Anda menikmati makanan lezat, janin menunggu turunnya zat-zat gizi sampai ke aliran darahnya.
    Berputar: saat Anda bekerja janin tidak mau kalah, ia sibuk mengerakkan kedua tangan.
    Hormat: biasanya ia akan melakukan aksi hormat (menutup mata dan kepala) karena silau cahaya
    Menggelitik: gerakan menggelitik tulang rusuk Anda maksudnya agar Anda membelai dia.

    Kabar gembira bagi bunda dan calon bunda! 
    Telah dibuka Poliklinik Pagi 
    Spesialis Obgyn RSI Cahaya Giri dengan
    Dokter Spesialis Kandungan Wanita
    dr. Nurlaella Iswan Nusi, Sp.OG
    Setiap Rabu-Kamis
    Pukul 09.00-11.00 WIB
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar