Bulan Ketujuh: Waktunya Belanja Barang Bayi! - RSI Cahaya Giri
  • Bulan Ketujuh: Waktunya Belanja Barang Bayi!

    Periksa ke Dokter (mulai sekarang, dokter akan meminta Anda melakukan kontrol rutin setiap dua minggu sekali)
    Seperti bulan sebelumnya jangan segan memberitahu dokter bila mengalami keluhan atau gangguan sekecil apapun. Makin cepat diatasi,makin sehat dan nyaman kehamilan Anda. Bagaimana dengan rasa khawatir janin cedera karena kandungan semakin besar dan ia makin aktif bergerak? Hilangkan, karena di dalam kandungan terdapat amnion atau cairan ketuban yang bisa mengamankan tendangan janin gaya apapun. Semantara itu otot-otot dinding rahim yang tebal pun melindungi perut, hati dan usus besar Anda agar tidak dicederai polah janin.

    Ganti Dokter (tidak ada istilah terlambat bila ingin berganti dokter)
    Bila kepercayaan Anda kepadanya berkurang atau hilang, komunikasi tidak nyambung dan memaksakan sesuatu Anda bisa mencari dokter pengganti yang harus mau menjawab segala pertanyaan Anda di kala konsultasi, bersedia mendengar keluhan Anda memberi urutan kronologis yang mungkin menjadi penyebabnya dengan penuh perhatian dan memberi jawaban memuaskan, terbuka untuk berdiskusi tentang suatu topic atau riset terbaru tentang kehamilan, cermat melakukan pemeriksaan misalknya pemeriksaan holistic anamnesa (wawancara) sampai fisik lengkap, tidak memaksakan kehendak dan mau menerima argument Anda untuk mencari solusi terbaik dari masalah.

    Jangan Lihat Perutku! (ketika usia hamil makin tua, gairah seksual biasanya berangsur surut)
    Kemungkinan “puasa” dalam berhubungan suami istri jika
    1. Kehamilan sulit terjadi atau diperoleh lewat bayi tabung
    2. Plasenta menutupi jalan lahir (plasenta previa)
    3. Ada risiko atau riwayat ketuban pecah dini
    4. Ada riwayat perdarahan
    5. Ada riwayat keguguran
    6. Ada riwayat kelahiran premature
    7. Anda atau pasangan mengidap penyakit menular seksual
    8. Anda mengidap penyakit atau gangguan jantung tingkat 1 atau 2

    Hal ini akan mempengaruhi frekuensi berhubungan antar suami istri. Bahkan saat berhubungan seks Anda diterpa persaaan seperti ada orang ketiga yang mengawasi yaitu janin yang bergerak, dan setiap kali orgasme Anda khawatir memicu kontraksi padahal mungkin hanya kram.
    Saran berhubungan seks:
    1. Minta dukungan dokter untuk menyakinkan suami bahwa memang kondisi kehamilan Anda sehat dan janin terlindungi dengan baik di dalam rahim.
    2. Tetap hati-hati minta suami menggunakan kondom atau ejakulasi di luar
    3. Jika ngeri terhadap perut membesar silahkan menggunakan pakaian saat bercinta
    4. Janin tidak dapat melihat Anda atau organ intim suami di tubuh Anda. Dia memang ikut tergoyang dan terayun tapi penetrasi tidak melukainya sebab janin terlindung air ketuban yang disegel dari dunia luar oleh sumbatan lendir di mulut rahim, selama berhubungan intim gerakan janin melemah, namun kembali aktif dan jantungnya berdetak lebih cepat manakala Anda orgasme. Penyebabnya faktor hormonal dan gerakan rahim Anda.
    5. Kondom boleh dilepas saat hubungan seksual pada minggu terakhir kehamilan untuk membantu terjadinya kontraksi yang memicu persalinan
    6. Posisi pilihannya spoon position atau berbaring menyamping karena menghindari Anda lelah dan tak perlu aktif saat bercinta. Juga penetrasi tidak terlalu dalam sehingga menghindari benturan ke rahim
    7. Kemesraan bukan hanya seputar penetrasi organ intim. Jika ingin bercinta namun tidak mungkin ganti dengan berciuman, saling memijat, bergandengan tangan, mandi atau berendam bersama, menonton tv sambil berpelukan dan selimutan, makan malam romantis atau duduk berduaan sambil ngobrol dan menyentuh dengan perasaan sayang. Sama mesranya!

    Aduh, Jatuh! (benturan akibat jatuh dapat membahayakan Anda dan janin tergantung posisi)
    Jatuh telentang tidak menyebabkan janin berbenturan langsung dengan permukaan tanah, tetapi stres, kaget atau syok yang Anda alami bisa memicu produksi hormon yang merangsang terjadinya kontraksi.
    Jatuh tengkurap lebih berbahaya, sebab yang terbentur adalah janin. Apalagi jatuh yang langsung mengenai rahim dapat menyebabkan plasenta lepas (solutio placenta). Segera ke dokter bila mengalami kontraksi dan nyeri hebat, perdarahan dan perut terasa kencang.
    Jatuh terduduk menyebabkan poros tulang belakang Anda mengalami benturan keras. Bila Anda jatuh terduduk di usia kehamilan trimester ketiga ada risiko kantung ketuban robek, sehingga memicu kelahiran lebih awal. Segera ke dokter bila mengalami rasa nyeri hebat, terutama di poros tulang belakang dan gerakan janin menghilang.
    Selain jatuh hindari guncangan keras ketika mobil melewati polisi tidur atau jalan berlubang. Kurangi risiko jatuh dengan memilih alas kaki yang aman dan nyama maupun yang trendi tapi utamakan keamanan, hindari membawa barang berat atau besar, perhatikan kebersihan lantai dari air dan benda kecil, hindari kegelapan dengan memasang lampu dengan cahaya yang pas, minta bantuan siapapun yang terdekat dengan Anda, hati-hati saat peregangan agar persendian tidak cedera.
    Untuk senam hamil lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter sebelum berlatih, lakukan gerakan yang dianjurkan 3 kali dalam seminggu. Biasanya untuk kehamilan 22-28 minggu menu latihan leher, bahu, pinggul, paha, betis dan kaki. Sedangkan untuk kehamilan 28-36 minggu latihan sebelumnya ditambah dengan latihan perut dan panggul. Untuk kehamilan 36 minggu sampai melahirkan dua latihan sebelumnya ditambah latihan anti sungsang dan mengejan.
    Manfaat senam hamil banyak sekali lho Bunda, diantaranya:
    1. Memperbaiki sirkulasi darah
    2. Mengurangi kaki bengkak
    3. Meningkatkan keseimbangan otot
    4. Mengurangi risiko gangguan pencernaan
    5. Mengurangi kejang kaki/kram
    6. Menguatkan otot perut
    7. Memperpanjang nafas
    8. Melatih pergerakan otot untuk persalinan
    9. Mencegah janin sungsang
    10. Mencegah varies (pelebaran pembuluh darah vena)
    11. Latihan mengejan sehingga bayi lancar keluar
    12. Memudahkan proses persalinan
    13. Mempercepat penyembuhan setelah kehamilan


    Belanja Produk Bayi (Mari persiapkan kebutuhan bayi)
    1. Tempat tidur Bayi
    Ada yang dari kayu atau plastic umumnya knock down dengan ketinggian berbeda-beda. Sebagian boks bayi dilengkapi dengan kelambu, papan untuk meja ganti popok, rak kolong yang digunakan untuk menyimpang selimut, juga alat getar dan kait untu menggantung mainan.
    2. Car Seat atau Capsul
    Untuk mengamankan bayi dalam perjalanan bermobil. Pilih yang multi fungsi yaitu bisa digunakan sejak bayi hingga balita. Pelajari cara menggunakan sabun pengaman, menyetel sandaran dan cara memasang di kursi mobil (letakkan di jok belakang menghadap ke arah belakang). Car seat ada juga yang bisa digunakan sebagai kerangjang bayi.
    3. Baby sling
    Kain gendong bayi seperti para ibu dahulu namun ini versi modern. Pilih yang dilengkapi bantalan pelindung tulang belakang dan kepala bayi
    4. Kereta Bayi (stroller)
    Untuk mengajak bayi jalan-jalan di luar rumah. Tersedia untuk bayi hingga balita dan model ganda
    5. Pernak-pernik ASI
    Sahabat Anda di masa menyusui, antara lain breast pad agar ASI tidak merembes di baju, botol beling wadah ASI perah, sabun strelisasi botol, sikat botol, pompa ASI manual atau elektrik, penghangat ASI, cooler box dan ice pack.
    6. Toiletris Bayi
    Pemakaian dan jenisnya tergantung pada tingkat sensitivitas bayi. Umumnya terdiri dari sabun bayi, sampo bayi yang tidak pedih di mata, minyak telon, baby oil untuk membersihkan kerak kepala; telinga; dll, Krim popok untuk menjaga kesehatan daerah popok, baby cologne agar tubuhnya wangi, hair loting, lotion atau krim untuk melembabkan kulit, skin protector untuk menangkal nyamuk
    7. Pakaian Bayi
    Berbelanja pakaian bayi bisa membuat Anda lupa diri karena banyak modelnya yang lucu dan menggemaskan. Tidak perlu membeli langsung banyak, belilah per tiga bulanan dalam jumlah cukup untuk dipakai dalam satu minggu.Dalam 3 bulan perkembangan tubuh bayi sangat cepat. Yang diperlukan adalah kaus/blus sehari-hari lengan pendek atau tanpa lengan (2 lusin), celana pendek (2 lusin), celana tidur (1 lusin), jumper atau busana pergi (6 potong), kaus kaki; sarung tangan dan sarung kaki (3 pasang), kain bedong (1 lusin), selimut; handuk; waslap (2-3 buah), jaket ; topi (1-2 buah), perlak (2 buah)
    8. Popok
    Fungsinya celana dalam bayi. Harus nyaman agar tidak mengiritasi kulitnya. Ada popok kain yang ramah lingkungan karena dapat dipakai berulang-ulang, popok sekali pakai yang praktis langsung dibuang, popok dengan nappy liners (lapisan dalam) itu semua tergantung Anda dan bayinya
    9. Tas Bayi
    Penting untuk membawa peralatan bayi saat bepergian, hindari mencampur barang bayi dengan barang Anda di satu tas, karena menyulitkan proses pencarian dan mencemari kebersihannya.

    Janin Anda
    Dia mulai membuka mata! Apa lagi capaiannya bulan ini? Ini dia si Kecil di minggu ke ….
    Minggu 25: Otak depan berkembang pesat, sudah ada keseimbangan perkembangan struktur otak. Kelopak mata perlahan-lahan membuka. Retina mulai terbentuk. Pendengaran makin baik meski lubang telinga masih tertutup lapisan yang menyelubungi permukaan kulit.
    Minggu 26: Denyut jantung making terdengar jelas normalnya 120-160 denyut permenit. Janin mulai melakukan gerakan bernafas teratur. Ia sudah bisa mendapat oksigen segara mandiri karena paru-parunya memilili banyak kantung udara.
    Minggu 27: Kulitnya makin halus, mulus, tidak keriput lagi. Tumbuh membesar, panjangnya bisa mencapai 26 cm, dan berat 1.2 kg. Gerakan menendang , merenggang, meluruskan tangan atau kaki makin sering dilakukan. Mata semakin sensitive terhadap cahaya dari luar rahim.
    Minggu 28: Pada janin perempuan, klitoris atau organ seksual terlihat lebih menonjol. Bibir dalam vagina masih sangat kecil sehingga belum mampu menutup klitoris. Pada janin laki-laki testikel dalam perjalanan menuju kantung zakat. Mata lebih sering membuka dibanding menutup. Tulang sumsum sudah berfungsi untuk memproduksi sel darah marah.

    Agar Dia Cerdas
    Sejak dalam kandungan sudah bisa dirangsang kecerdasan dan panca inderanya. Sel otak janin terbentuk di usia kehamilan 3-4 bulan. Di usia kehamilan 6 bulan mulai terjalin hubungan antar sel-sel otak. Kualitas rangkaian hubungan tersebut juga ditentukan stimulasi lingkungan. Semakin dini dan lama stimulasi dilakukan, semakin besar manfaatnya. Karena itu beri janin stimulus dari luar kandungan agar memiliki kemampuan visual, pendengaran, keterampilan berbahasa dan motorik lebih baik.
    Stimulasi Perkembangan Fisik: konsumsi makanan bernutrisi, minum susu dan suplemen dari dokter, berlatih senam hamil,, sering menyentuk janin dan cukup istirahat.
    Stimulasi Perkembangan Kognitif dan Bahasa: Ceritakan apa yang sedang Anda lakukan, bacakan AlQuran atau dongeng maupun musik klasik
    Stimulasi Perkembangan Emosi: Pastikan Anda cukup istirahat dan tidak memaksakan diri mengerjakan tugas, dengarkan music, berdoa, hindari stress dan biasakan sikap positif seperti tenang dan bersyukur
    Stimulasi Perkembangan Sosial: Perdengarkan suara orang lain pada janin, ajak ia mengobrol, jauhkan janin dari situasi konflik atau pertengkaran, bersikap positif terhadap orang lain.
    Stimulasi Sentuhan: Janin 8 minggu mulai sensitif terhadap sentuhan. Janin 17 minggu daerah perut dan bokong mulai bisa merasakan sentuhan. Bila dilihat melalui USG 4 Dimensi, terlihat janin mulai bereksplorasi terhadap penemuan sensasi sentuhan dengan cara mengelus wajah sendiri, mengisap jempol. Janin 32 Minggu hamper seluruh bagian tubuhnya sensitif terhadap panas, dingin, tekanan, rasa geli atau sakit. Saat ini Anda bisa bercanda dengannya dengan menyentuh perut Anda dengan cukup kuat agar bisa dirasakan janin. Tunggu beberapa saat janin akan membalas dengan menendang dll
    Stimulasi Suara Ibu: suara pertama yang akrab didengar janin adalah suara organ tubuh Anda. Suara Anda sendiri baginya bagai music klasik yang dapat mengatur ritmen jantung dan merangsang pertambahan berat badan. Lakukan bacakan janin setiap hari selama beberaa menit dengan suara lemah lembuh.
    Stimulasi Nutrisi: Sejak usia kehamilan 6 bulan otak berkembang dan berhubungan membentuk aneka rangkaian fungsional yang kompleks. Anjuran: konsumsi ikan karena banyak mengandung asam lemak omega 3 yang berperan penting untuk tumbuh kembang sel otak.
    Stimulasi Musik atau Murottal Quran: Janin 18-22 minggu bisa bereaksi dengan suara yang didengarnya dengan gerakan-gerakan. Lakukan stimulasi setiap hari minimal setengah jam dalam kondisi relaks.

  • You might also like

    1 komentar:

    1. udah gak sabar mau belanja barang bayii
      makasih sis infonyaaa
      izin ninggalin jejak yaa

      BalasHapus