Sejarah Rumah Sakit Islam Cahaya Giri Gresik - RSI Cahaya Giri
  • Sejarah Rumah Sakit Islam Cahaya Giri Gresik

    Rumah Sakit Islam Cahaya Giri Gresik pada awalnya merupakan Balai Pengobatan yang didirikan pada tahun 1996 oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Menganti Gresik dan Bapak H. Abdul Mu'id dari perseorangan. Tujuan awal pendiriannya adalah untuk melayani masyarakat kurang mampu khususnya jamaah haji yang bermukim di sekitar Kecamatan Menganti. Maka didirikanlah Balai Pengobatan yang bernama Balai Pengobatan Al-Munawaroh Gresik yang dikelola langsung oleh pengurus IPHI Kecamatan Menganti Gresik dan pihak keluarga dari H. Abdul Mu'id. Pada saat itu pengobatan yang dilakukan di klinik hanya menyediakan jasa pelayanan kesehatan berupa pengobatan umum dan pengobatan gigi.
    Gedung lama yang akan segera direnovasi

    Pada tahun 1997, Balai Pengobatan Al-Munawaroh mulai melayani masyarakat  umum. Seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat terhadap pelayanan kesehatan, kemudian balai pengobatan berkembang untuk melayani Klinik Umum, Klinik Ibu dan Anak serta Klinik Gigi.
    rsicahayagiri
    Bangunan Depan yang segera direalisasikan
    Setelah berlangsung selama 10 (sepuluh) tahun sejak pendiriannnya, pengelolaan balai pengobatan Al-Munawaroh diubah agar memiliki kewenangan yang lebih besar untuk mengelola kegiatannya sendiri. Tujuan perubahan status kepemilikkan tersebut adalah untuk meningkatkan pengelolaan kemandirian organisasi yang diharapkan mempercepat peningkatan mutu pelayanan. Pada tahun 2010 didirikan yayasan Al-Munawaroh sebagai badan usaha yang menaunginya dan bergerak dalam bidang usaha kesehatan yang mempunyai titik fokus melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat kesehatan.  Pada Tahun 2010, Balai Pengobatan Al-Munawaroh berubah status menjadi Klinik Medis Umum dan Rumah Bersalin yang juga melayani rawat inap. 
      Pada tanggal 8 September 2011 Yayasan Al-Munawaroh Gresik secara resmi mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak asasi Manusia Republik Indonesia dengan Nomor: AHU-5982.AH.01.04.Tahun 2011.
    Bangunan Tengah yang telah berdiri megah
    Pada Tahun 2012, Al-Munawaroh berubah nama menjadi Cahaya Giri dan mulai berbenah diri untuk menghadapi ketatnya persaingan usaha perumahsakitan. Pada tahun 2013, RSI Cahaya Giri melengkapi fasilitas dan sarana pelayanan yang meliputi pembangunan gedung dan peralatan medis kamar operasi, HCU, VK Bersalin dan Neonatus yang mengarah pada standar baku yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.
    Pada tahun 2014 mulai dilaksanakan pembangunan gedung rawat inap dua lantai untuk meningkatkan pelayanan rawat inap sehingga secara keseluruhan  kapasitas tempat tidur meningkat dari 15 menjadi 59 tempat tidur. Pada tahun yang sama, Rumah Sakit Islam Cahaya Giri pun menambah jumlah sumber daya manusia yang berkompeten di bidang medis dan spesialis, paramedis, penunjang diagnostik, farmasi, gizi klinik dan manajemen rumah sakit agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara purna. 
    rsicahayagiri
    Gambaran mendatang seluruh bangunan RSI Cahaya Giri
    Tahun 2015 menjadi awal semangat bagi kami Rumah Sakit Islam Cahaya Giri Gresik yang telah resmi menjadi Rumah Sakit Umum bertipe D di kota Gresik. Harapan kami agar terus bisa bermanfaat bagi warga Gresik dan sekitarnya serta agar terus berkembang menjadi rumah sakit terdepan, salah satunya adalah agar segera melayani pasien BPJS. Kami siap melayani Anda!